Definisi Tim dan Grup
Tim dan grup adalah kata yang sering digunakan secara bergantian. beberapa akademisi mengungkapkan sangat sulit membedakan antara tim dan grupm(Guzzo & Dickson, 1996).
namun ada beberapa argument bahwa terdapat perbedaan antara grup dan tim :
Tm dapat digambarkan sebagai sekumpulan orang dalam jumlah kecil dengan kemampuan yang dapat saling melengkapi satu sama lain dan memiliki tujuan, performance goals, dan pendekatan yang mengharuskan mereka untuk bertanggung jawab (moorhead & Griffin, 2010).
Grup yaitu setiap perilaku anggota dalam grup dipengaruhi oleh norma bersama seperti standar perilaku dan harapan yang berusaha untuk mencapai tujuan dengan keadaan saling tergantung dan saling membantu dan menolong, anggota grup berinteraksi untuk menyelesaikan tugasnya yang berada dibawah pengaruh pemimpin atau ketua.
berikut perbandingannya secara variabelnya :
Types of Group
1. Formal and Informal
Formal : tujan dan peran anggota telah ditentukan
Informal : Tujan dan peran muncul ketika anggota saling berinteraksi
2. Primary and secondary
Primary : Grup kecil, saling melakukan kontak wajah dan memiliki hubungan dekat. seperti keluarga
secondary : grup besar dan memiliki budaya yang berbeda, serta letak geografis jauh. misalnya perusahaan
3. Reference
memiliki daya tarik tertentu, sehingga membuat ingin bergabung atau hanya sekedar mengidentifikasi.
4. Coacting
Anggota dapat melakukan tugas lain yang sama atau beda dan melakukannya secara independen
5. counteracting
kelompok saling bersaing untuk mendapatkan sumber daya tertentu
Type of Team
1. Cross Functional Teams
normalnya terbentuk kurang lebih dari level hirarki yang sama, namun berasal dari area fungsional yang berbeda didalam maupun diluar organisasi, dan mereka bergabung untuk melakukan tugas tertentu.
2. Project Teams
hampir sama dengan Cross functional teams, namun keberadaanya sementara
3. Work Teams
relatif permanen dan terikat dalam pekerjaan sehari hari
4. Top Managements Teams
merujuk pada grup kecil yang terdiri dari orang orang paling berpengaruh
5. Venture Teams
memanfaatkan sumber daya kreatif dalam organisasi
6. Self Managed Teams
terdiri dari perencanaan dan jadwal kerja, kontrol kolektif atas kecepatan kerja, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
7. Quality Circles
berfokus untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas.
8. Virtual Teams
sebagai kelompok tugas tersebar fisik yang melakukan urusannya melalui tekhnologi informasi.
Referensi :
McKenna, E.2012. Business Psychology and Organizational Behavior, 5th ed, Psychology press, USA and Canada.
moorhead & Griffin. 2010
Guzzo & Dickson. 1996
moorhead & Griffin. 2010
Guzzo & Dickson. 1996
Tidak ada komentar:
Posting Komentar